Perlengkapan otomotif alat kebakaran

Perlengkapan otomotif alat kebakaran

Insiden kebakaran mobil yang sering terjadi udah mendorong pemerintah mewajibkan mobil baru disempurnakan Perlengkapan otomotif alat kebakaran (Alat Pemadam Api Ringan) atau disebut APAR. Pemilik mobil lama termasuk sanggup turut bisa ambil andil dalam sediakan APAR ini di kabin demi menunjang keselamatan. pengemudi ataupun penumpang.

Ketentuan wajib APAR ini tertuang pada Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor KP.972/AJ.502/DRJD/2020 perihal Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor yang mengkaji perihal kewajiban mobil penumpang miliki APAR dan menjadi berlaku pada Januari 2021. Pemilik mobil lama sanggup belanja sendiri APAR yang dijual di pasaran. Sekadar informasi, umumnya APAR di mobil baru di letakkan di area sopir, seperti di bawah jok atau dekat kaki, supaya mudah dijangkau pengemudi.

Perlengkapan otomotif alat kebakaran

Petunjuk Perlengkapan otomotif alat kebakaran

APAR jenis air
APAR jenis air ini sebetulnya paling murah, tetapi cuma sanggup digunakan untuk memadamkan bahan padat yang terbakar, seperti kertas, plastik, karet, dan sejenisnya. APAR ini tak sanggup digunakan pada bahan logam.

APAR jenis bubuk kimia
APAR ini lebih sesuai digunakan untuk kebakaran yang diakibatkan korsleting listrik. Kandungan APAR jenis bubuk kimia terdiri dari mono amonium dan amonium sulfat.

APAR jenis karbon dioksida
APAR jenis karbon dioksida ini merupakan jenis yang paling sesuai untuk mobil pribadi. Alat ini sanggup memadamkan kebakaran sebab kelistrikan, cairan seperti minyak, alkohol, kertas, dan sebagainya.

APAR jenis busa
Apar yang satu ini sesuai untuk digunakan untuk memadamkan kebakaran benda padat bukan logam dan cairan, misanya kertas, karet, plastik, minyak, alkohol, dan sebagainya.

Cara memadamkan api dengan APAR
Saat mobil tiba-tiba terbakar, penumpang diimbau tidak panik. Panik cuma akan mengakibatkan ada problem berpikir dan menemukan solusi dengan cepat.

Hal yang wajib dilaksanakan yakni tepikan mobil ke area aman, matikan mesin, lantas menjadi memadamkan api menggunakan APAR yang udah tersedia.

Jika terindikasi sumber kebakaran dari arah mesin, tersedia baiknya terhubung pernah kap mesin lantas semprotkan APAR/ Saat terhubung kap mesin, upayakan kami berada di posisi samping mobil, jangan di depan untuk menghindari arah kobaran api.